Minggu, 13 September 2015

MENGANTI.......pantai indah yg tersembunyi

Akhirnya capek itu ilang, walau belum semua.......gara gara "jajah deso milang kori" kmrn sabtu nie.....

Ya, sabtu pagi kami sekeluarga memutuskan utk bertualang ke daerah Kebumen. Jauh sih dari Semarang, tp kalo dah niat enteng aja kok. Mulai kita susun target, pertama ya pasti kulineran. Sepanjang Semarang Kebumen melewati bbrp kulineran yg asik punya, kita susun di Purworejo kita coba santap bebek Haji Dargo yg legendaris, di Kutoarjo kita nikmati dawet hitam yg segar di sepanjang jalan Kutoarjo-Kebumen. Trus di jalur Ambal-Petanahan ada satu kulineran yg khas berselera yaitu sate ambal, bagi yg belum tau sate ambal adalah sate ayam yg penyajiannya hampir sama dengan sate blora, kuah dipisah. Namun yg khas dari sate ambal ini adalah bumbu kuah kacang bercampur gula jawa dan jahe, hangatnya jahe sangat terasa, hmmm......yummy


Ah mari kita tinggalkan target kuliner, target kedua jelas tempat yg akan kita kunjungi, ya targetnya pantai. Mulai deh kita searching di mbah google ttg wisata pantai di Kebumen. Wow.....ternyata sekarang banyak lho pantai di Kebumen, waktu saya kecil cuman kenal pantai ayah dan pantai karangbolong, sekarang ada pantai suwuk, pantai pasir putih dan pantai menganti, sebuah pengembangan daerah yg okey. 

Akhirnya kita putusin, pantai menganti. Langsung mobil pagi itu melaju ke daerah Kebumen, sepanjang perjalanan afa dan rista (istri saya tercinta) search ttg pantai menganti, mulai dari akses jalan, arah, letak geografis, naek ato turun, retribusi dan keistimewaannya. Setelah dapat semua info mulai susun strategi, dan hubungi teman teman pleci di daerah sana tuk silaturahmi. 

Jalan menuju ke pantai menganti lebih enak lewat jalur deandels, jadi ambil jalur selatan setelah lewat Kutoarjo sebelum Kebumen, ambil jalur alternatif ke Cilacap. Jalannya lumayan bagus namun sempit dan gelap jika malam datang, karna kurangnya penerangan di jalan. Ikuti jalur itu terus, kita akan melewati kecamatan Ambal, Petanahan dan di sebelah kiri kita akan lihat pantai suwuk.

Ups sampai sini jalan datar datar aja dan sedikit longgar, kita teruskan jalan dan sekitar perjalanan 10 menit kita akan melewati pertigaan pantai Karangbolong, lanjut aja. Mulai dari sini jalan mulai menanjak, tanjakan lumayan ketika kita sampai ke daerah karangduwur, wuish tanjakan sampai 40 derajat dikombinasi dengan tikungan tajam dan jalan sempit, lumayan juga adrenalinnya supir nie. 

Perjalanan 45 menit dari pantai suwuk kita akan masuk ke gerbang pantai menganti, saya kira jalan turun setelah itu, ternyata jalan belum bersahabat. Tanjakan hampir 50 derajat kita lewati dengan kanan kiri jurang, tapi pemandangannya.......subhanallah.


Ya, perbukitan dengan terasiring yg indah dengan horizon pantai yg alami, wah terbayar nie dengan suasana ini. Retribusi per orang 10rb dengan areal parkir yg luas dan gratis. Kulinerannya juga gak kalah asiknya, ada TPI (tempat pelelangan ikan) nya, asik juga bakar ikan segar disana. Pantai mya adalah pantai pasir putih dengan hiasan mercusuar di ujung bukit terluar, suatu pemandangan yg asik sekali. 


Ngobrol dengan teman teman pleci di daerah tersebut ttg koloni, konservasi dan kelestarian burung ditempat tersebut menjadi sedikit lega. Pantai ini masuk areal milik Perhutani yg diberdayakan dengan masyarakat, sehingga hutan lindung yg saya lewati menuju pantai ini jelas jelas dilindungi oleh undang undang, dan Zosterops flavus ciri khasnya. Menganti yg berarti menunggu diambil oleh penduduk sekitar karna mereka selalu menunggu suami, anak dan saudara dari pergi berlayar mencari ikan, sambil menanti mereka menikmati pemandangan yg tidak kalah indahnya. Gak rugi jejak kan kaki di pantai ini, dan inilah tips menuju pantai menganti : 
1. Usahakan isi full tangki bahan bakar, sebab begitu masuk jalur deandels tidak ditemukan adanya SPBU, 
2. Persiapkan logistik camilan dan minum selama perjalanan, sebab selepas Petanahan tidak ditemukan adanya warung, 
3. Uaahakan mobil dalam kondisi fit, cek rem, persneling dan ban yg utama, 
4. Siapkan gadget dan powerbank karna bilamana tersesat bisa gunakan map, waze atau track yg lain, dan 
5. Selalu berdoa dan jangan lupa sholat

Ayo nikmati indahnya Indonesia......

2 komentar: