Kamis, 25 Juni 2009

PCR ku yang aneh.....

padahal hari itu udah jadi loh....aku coba beberapa sampel ku aku jalankan dengan suatu metode yang telah aku optimalkan, eh ketika aku running dalam jumlah banyak kok mendadak gak ada satupun pita yang keluar yach......

kalau mau dilihat semuanya, dari konsentrasi DNA, konsentrasi primer yang digunakan, mix yang saya pakai saat itu malah dari RTG (Ready To Go) Amersam, jadi sebetulnya variabel berubahnya hanya air, primer dan DNA.

nah kalau dua dari ketiganya adalah tetap dengan kata lain adalah variabel konstan saya maka hanya air yang saya ubah dari hari kemarin, tapi ya mosok air sih......

selain air yang saya ubah adalah konsentrasi dari agarose yaitu naik ke 2% dari 1%, tapi sebetulnya ini juga tidak akan mempengaruhi jalannya elektroforesis ke arah ketidakmunculan, malah 2% akan memunculkan pita dengan garis yang tegas.

hal lain yang saya ubah adalah voltase yang saya gunakan adalah 50 v, padahal kemarin saya pake 100 v. inipun tidak akan berpengaruh kearah ketidaknampakan pita, sebab semakin kecil voltase yang kita gunakan maka pergerakan dari DNA kita akan semakin pelan dan hal ini akan membuat pita yang rapi dan tegas.

perubahan yang lain tidak saya lakukan, tapi anehnya kemarin PCR saya jadi pada visualisasi di agarose dengan elektroforesis tapi hari ini kok mendadak ilang entah kemana......apakah ini yang disebut faktor X ya....wong pake voltase 50 v aja TAE bisa mendidih panas sekali.....ANEH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar