Selasa, 26 Agustus 2014

Kerinduan akan Laku Kejawen

Tersentilnya sebuah ketenangan dalam hidup post modern ini menempatkan orang harus kembali mengulang dan menjalani hidup yang menyatu dengan alam, secara holistik Rene Descartes pun pernah mengatakan bahwa saya berpikir maka saya hidup. Dalam tataran inilah semua orang akan kembali menggerakkan sel sel dalam otaknya tuk kembali menghargai seonggok daging yang ditopang oleh puluhan bahkan ratusan tulang yang kemudian disebut oleh tubuh ini.
Kehidupan post modern ini menjanjikan setiap manusia untuk tinggal dalam sebuah penjara yang sangat disukainya, yaitu penjara rutinitas dan keteraturan. Rutinitas dan keteraturan yang disajikan oleh kehidupan saat ini akan mampu membunuh sukma yang ada dalam tiap ruh manusia yang ada. Akibat yang sering dirasakan adalah matinya rasa dan rahsa yang ada, kurang dekatnya dengan alam dan cenderung menjadi anak tiri di dalam ibu pertiwi. 


Kehidupan saat ini seringkali berkata......

"Diam dan duduk merenung adalah kesia sia an belaka"......
"Melihat alam adalah sesuatu yang membuang waktu"......


"Mengembangkan toleransi adalah suatu bentuk ketidakberanian seseorang"......
dan masih banyak lagi kalimat kalimat yang melemahkan dan memposisikan kebijakan tradisional menjadi sesuatu yang kuno dan jadul.
Orang menjadi jadul ketika memakai beskap dan keris terselip di pinggangnya, orang menjadi kuno ketika memakai blangkon di kepalanya atau memakai selop di kakinya.

orang cenderung tidak memandang lebih jauh

Setiap yang dipakai oleh orang jawa adalah sebuah arti, mengandung sebuah pelajaran dan bisa kita jadikan patokan untuk memperoleh tiang dalam pegangan hidup. Inilah pelajaran yang menempel dan bisa terbaca dalam tiap tingkah dan tanduk orang jawa, apakah ini akan kita hapus dan kita berkiblat kepada budaya barat yang cenderung merendahkan leluhur leluhur kita, merendahkan tradisi kita dan merendahkan kebudayaan kita hingga ke titik nadir terendah kebudayaan.

kalo tidak kita siapa lagi kalo tidak kapan lagi, itu kata kang Prabowo.....

wakakakakkakak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar