
Saat ditimbali tersebut, saya disuruh duduk didalam langgarnya, memang saya datang sekitar pukul 14, beliau masih wiridan di dalam langgar. Ketika waktu ashar tiba, saya diminta untuk mengimami beliau (padahal beliau sebetulnya lebih pantas sebagai imam daripada saya), setelah sholat ashar selesai beliau baru mengutarakan maksudnya memanggil saya ke kediaman beliau.
Beliau memberikan tongkat kepada saya, setelah saya amati tongkat itu berupa tombak, beliau bilang, inilah Kanjeng Kyai Pathok Rogo. Tingginya tidak lebih dari sekitar 120 cm saja. Memang saya lihat beliau beberapa kali kemana-mana membawa tombak ini. Karena saya memang hobi tosan aji, wah lumayan pikir saya.
Tombak dengan dapur dong pring ini berpamor wos wutah wengkon, irasnya tidak methuk (gabung dengan wilah tombak) dengan pamor buntel mayit. Masih pada irasnya ada ornamentasi kembang cempoko berjumlah empat yang tiga diantaranya seresah emas (bukan kinatah emas, jadi ini dikuaskan, bukan ditatah emasnya).
Setelah itu beliau memberikan wejangan, bahwa bukan tombak ini yang memberikan ilmu dengan penuh filosofi, akan tetapi setelah tombak ini saya pegang nantinya, saya akan mendapatkan tombak lagi yang penuh dengan ajaran ketaqwaan yang harus saya jalani, itulah yang beliau sebut dengan Kanjeng Kyai Pancer Rogo. Saya malah bingung, tapi benar setelah sepasar saya memegang tombak itu, entah ini kebetulan atau apa, dipinggir jalan jogja-semarang di daerah bedono ambarawa, saya menemukan sebilah tombak, tanpa landeyan (tongkatnya).
Tombak itu berdapur dong pring (tapi lebih gagah), dengan pamor wos wutah wengkon juga, akan tetapi tombak ini memiliki pamor tambal. Pamor tambal itu tiga buah dan masing-masing pamor pada tambalannya adalah buntel mayit. Irasnya masih dengan pamor buntel mayit yang nyata, bukan pitrang lagi........
Trus, paginya saya sowan kepada sesepuh tersebut, saya tanyakan apa makna dari tiga pamor tambal itu, dan kenapa harus dengan pamor buntel mayit di dalam tambalannya. Beliau bilang ada tiga titik dalam tubuh kita yang harus ditambal, dikendalikan bahkan ditutup sampai kita dibuntel seperti mayit. Ketiga nya adalah otak, hati dan kelamin......dan ini jabaran beliau (materinya sama seperti yang saya dapatkan dari Prof Damarjati, tapi ini lebih mengupas tentang 'buku' yang ada di dalam tombak saya ini).
Kang ana sajroning sirah iku dimak, yaiku utek, kang ana antaraning utek iku manik, sajroning manik iku budi, sajroning budi iku napsu, sajroning napsu iku suksma, sajroning suksma iku rahsa, sajroning rahsa iku INGSUN......baitul makmur.
Kang ana sajroning dhadha iku ati, kang ana antaraning ati iku jantung, sajroning jantung iku budi, sajroning budi iku jinem , yaiku angen-angen, sajroning angen-angen iku suksma, sajroning suksma iku rahsa, sajroning rahsa iku INGSUN......baitul mukarrom
Kang ana sajroning konthol iku prinsilan, kang ana ing antaraning pringsilan ikku nutpah, yaiku mani, sajroning mani iku madi, sajroning madi iku wadi, sajroning wadi iku manikem, sajroning manikem iku rahsa, sajroning rahsa iku INGSUN......baitul muqodas
Sepasar setelah saya sowan itu, beliau meninggal dunia........
Saya tidak ingin mengedepankan bagaimana caranya saya mendapatkan dua bilah tombak ini, tapi saya ingin mengajak bahwa tombak ini memberikan kepada saya sebuah pengajaran yang berharga dan masih layak untuk diteladani bagi kita semua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar